Keroncong Bale, riwayat keroncong masa kini

8:13:00 PM Posted by dowikipedia , , , ,


Merdunya tiupan seruling dan gesekan biola yang nyaring pada malam itu melengkapi suasana malam di Balai Soejadmoko, Surakarta.


Event yang digelar rutin di kota Solo ini mampu menarik minat pengunjung baik lokal sampai wisatawan Internasional. Terlihat ramai pengunjung dari parkiran yang berjajar rapi sampai depan jalan Balai Soejadmoko, saya pun bergegas menepikan motor untuk memarkir dipinggir jalan. Setelah itu saya langsung menuju ke tempat acara, berkumpul dengan hiruk pikuk penonton disegala usia, meskipun banyak kalangan separuh baya kami bisa kompak menjadi satu menikmati keroncong bersama .










Pembawaan yang ramah dari pembawa acara menambah suasana kekeluargaan makin terasa kental dengan diselingi guyonan sesekali menggunakan bahasa jawa.




Malam itu OK Semar Mesem, sebuah grup orkes keroncong dari Semanggi, Pasar Kliwon mulai bersiap tampil dengan kompak memakai setelan baju khas jawa, mereka memainkan alat musik sesuai keahliannya masing-masing dan saling melengkapi menjadi sebuah iringan harmonisasi lagu yang tenang dan indah.





Keroncong Bale sendiri merupakan wadah bagi seniman keroncong untuk melestarikan budaya yang semakin tergerus oleh budaya lain yang ada dimasyarakat . Event ini pun bertujuan untuk membuka peluang bagi generasi muda agar dapat mengeluarkan bakat bermusik melalui karya dan kreativitasnya.